Rektor UMI membuka secara resmi pelatihan dai/daiah bagi dosen UMI (22/1) di Aula Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,M.A Kantor UPT.Pengembangan Karakter dan Dakwah (PKD) Kampus 2 UMI. Hadir Rektor UMI Prof.Dr.H.Basri Modding,SE,M.Si, Ketua UPT.PKD UMI Dr.HM.Ishaq Shamad,M.A, Kabid Tahfizh UPT.PKD UMI Ahmad Abd.Razak,M.Pd dan 45 peserta dari Dosen baru UMI.

Rektor UMI menyampaikan tujuan kegiatan ini, antara lain untuk silaturrahim dan menyatukan pandangan tentang UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah.

Dikatakan semua sivitas akademika UMI, harus bisa berdakwah, apalagi jika mau menjadi pimpinan di UMI, maka wajib berdakwah. Oleh karena itu, semua wajib ikut kegiatan seperti ini, termasuk semua dosen dan karyawan UMI. Selain itu berdakwah efeknya mendapat berkah, dan juga untuk kenaikan pangkat dosen.

Saudara-saudara bersyukur, karena sebagai dosen baru di UMI agar dapat membenahi diri. Kita harapkan yang muda membantu UMI untuk lebih maju ke depan. Karena Nabi Muhammad Saw tegas terhadap orang-orang yang tidak mau ikut barisan, jelasnya.

Sekarang kita sudah masuk era industri 5.0. Semua harus familiar dengan digitalisasi. Media saat ini dengan mudah mengakses informasi, terutama media sosial mendominasi kalangan milenial. Bahkan orang tua belajar dengan anaknya yang kelas 3 SD tentang fotoshop dan instagram.

Ke depan penceramah atau dosen fungsinya berkurang, karena manusia dihadapkan dengan artificial intelligence .Karena itu, dosen diharapkan selalu menggunakan internet sebagai sarana dalam menyebarkan pesan-pesan agama Islam.Media sosial sebagai sarana berdakwah di era yang didominasi oleh ketergantungan terhadap internet, jelasnya.

Dikatakan ada 7 tips dalam berdakwah, antara lain:

  1. Lebih dekat dengan Allah dan fokus, karena semua akan dimintai pertanggung jawaban.
  2. Memahami apa yang dibutuhkan umat.
  3. Nyatakan tujuan yang jelas
  4. Membangun jaringan
  5. Baca lebih banyak
  6. Mulai dari teman dan kerabat dekat
  7. Optimalkan media sosial untuk berdakwah.
    7 tips ini penting diterapkan dosen UMI dalam berdakwah, ajaknya.

Ketua UPT.PKD Dr.H.M.Ishaq Shamad dalam pengantarnya menyatakan pelatihan ini sengaja dilatihkan kepada dosen baru UMI, agar dapat berdakwah di tengah-tengah masyarakat. Karena UMI sebagai lembaga pendidikan dakwah. Jumlah peserta 45 orang dari berbagai fakultas dalam lingkup UMI. Pemateri, antara lain Prof.Dr.H.Mansyur Ramly, Prof.Dr.H.Basri Modding, Dr.KH.M.Zein Irwanto,M.A, Dr.KH.Amrullah Amri, dan Dr.H.M.Ishaq Shamad,M.A, jelasnya.

(HUMAS)