Pelatihan Tahsin Al-Qur’an bagi mahasiswa UMI berlangsung di Aula Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, M.A Kantor Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karakter dan Dakwah (UPT.PKD) UMI Jl.Urip Sumiharjo Km.05 Makassar (15/1). Hadir Ketua UPT.PKD UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,M.A mewakili Wakil Rektor 4 UMI membuka pelatihan ini secara resmi. Hadir juga Imam Masjid Al Markaz Al-Islami Drs.KH.Masykur Yusuf,M.A, Kabid Tahfizh UPT.PKD UMI Ahmad, SPd.,M.Pd, Kabid Konseling UPT PKD Syahrul, M.Pd, sejumlah panitia serta 30 orang mahasiswa UMI.

Dr.M.Ishaq Shamad menyatakan tujuan pelatihan tahsin ini untuk mempersiapkan mahasiswa UMI agar bisa berprestasi dalam even-even lomba musabaqah, baik di tingkat UMI, regional Sulsel maupun tingkat nasional. Selain itu, para peserta diharapkan mampu menyerap ilmu dan keterampilan dalam membaca Al-Quran dengan fasih dan benar, sehingga mahasiswa bisa menjadi imam shalat rawati. Bahkan semua mahasiswa UMI wajib tahu membaca dan menulis Al-Qur’an, jelasnya.

Dikatakan banyak sekali manfaat yang diperoleh jika membaca dan memahami Al-Qur’an, diantaranya pahala membaca Al-Qur’an sebagai syafaat di akhirat. Al-qur’an sebagai zikir, membuat hati menjadi tenang. Selain itu, petunjuk dan kandungan Al-Qur’an mencakup seluruh kebutuhan manusia. Para pembaca Al-qur’an bersama malaikat yang mulia. Bahkan para penghafal Al-Qur’an dapat mengangkat sepuluh orang keuarganya di akhirat yang seharusnya keluarganya itu, masuk neraka, jelasnya.

Pemateri pelatihan ini, adalah Dr.KH.M.Zein Irwanto,M.A yang membahas “Kemukjizatan Al-Qur’an”, Drs.KH.Masykur Yusuf, M.A membahas “Teknik dan Metode Tahsin Al-Qur’an”, dan Dr.HM.Ishaq Shamad, M.A membahas “Inspirasi dan Etika Tahsin Al-Qur’an”. Acara dipandu Kabid Tahfizh UPT.PKD UMI Ahmad,S.Pd.I,M.Pd dan Kabid Konseling UPT PKD UMI Syahrul, M.Pd.

(HUMAS)