Utusan UMI Ikuti 13 Lomba dalam MTQ Nasional antar Mahasiswa

UMI Makassar – Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN)  ke 14 tahun 2015 dibuka Sekjen Kemenristek Dikti Prof.  Ainun Naim,  PhD, di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI)  Depok, ditandai dengan pemukulan beduk,  didampingi Rektor UI Prof.  Dr.  Ir.  Muhammad Aries,  Sabtu malam (1/8/2015).

Sekjen Kemenristek  Dikti Prof.  Ainun Nain mengatakan,  kegiatan ini merupakan peristiwa akbar dan mulia. Karena kegiatan MTQMN ini merupakan perkembangan budaya qurani dari lembaga perguruan tinggi dan nuansa religiusnya sangat terasa, juga sebagai upaya untuk menunjukkan eksistensi Indonesia dari aspek budaya keislaman.  Alquran jangan hanya dibaca tapi juga dikaji dan diamalkan.  MTQMN ini bukan hanya berlomba dengan keindahan dan seni baca alquran,  tetapi juga memberi peran dan manfaat bagi pengembangan iptek bagi peradaban di Indonesia,  karena dilombakan desain aplikasi alquran berbasis komputer.

MTQ Mahasiswa tahun 2015 akan berlangsung sampai tgl 8 Agustus merupakan MTQMN yang terbanyak pesertanya, diikuti 168 perguruan tinggi dengan jumlah peserta 1863 orang, mengusung tema “Membentuk mahasiswa yang beriman,  bertaqwa dan berakhlakulkarimah menyongsong Indonesia emas”.

mtq pak parid (1)Ada 13 jenis lomba yang dipertandingkan,  yaitu Tartil Quran, Debat pengetahuan Al-Quran dalam bahasa arab dan inggris, karya tulis ilmiah,  Hifzhil Quran untuk 1, 5 dan 10 juz,  Fahmil quran, Syarhil quran, Khathil quran, Qiraat Sab`ah, Tilawatil quran dan Desain aplikasi alquran berbasis komputer.

Kafilah UMI yang mengikuti MTQMN berjumlah 44 orang, 28 orang sebagai peserta,  sisanya sebagai official dan pendamping  masing-masing lomba. Ada 13 jenis lomba yang diadakan panitia, kafilah UMI Makassar mengikuti semua jenis  lomba yang dipertandingkan.

Untuk hari pertama Ahad, 1 Agustus 2015 Kafilah UMI mengikuti 7 lomba, antar lain lomba karya ilmiah, tartil quran, debat pengetahuan alquran dalam bahasa arab dan bahasa inggris,  fahmil quran. Syarhil quran dan hifzhil quran. Sedang hari ke 2 (3/8/2015) kafilah UMI ikut lomba hifzhil quranjuz 1, debat pengetahuan alquran dalam bahasa inggris dan Khathil quran.

Ketua Kafilah MTQMN UMI Ir.  Mukti Maruddin,  MT yang juga Wakil Dekan III Fak.  Teknik UMI mengatakan, alhamdulillah penampilan mahasiswa UMI pada berbagai lomba MTQMN,  baik hari pertama maupun hari kedua penampilannya sangat menggembirakan.

“Insya Allah kita optimis beberapa cabang lomba bisa masuk final. Khusus lomba debat pengetahuan alquran dalam bahasa inggris sudah tampil dua kali,  karena sudah lolos tahap pertama,” ujarnya.

Selama berlangsung MTQMN di Kampus UI Depok,  antara lain bazar buku, kuliner,  fishion islami, pameran kemegahan alquran, talk show, tablig akbar dan bedah buku.

Farid Yusuf,  Kabag.  Media dan Publikasi Humas UMI Makasar melaporkan dari Kampus UI Depok.

(Humas UMI)

Previous Pendaftaran Ulang CAMABA FKG dan Farmasi Hingga 15 Agustus 2015
Next DPD RI Uji Sahih Naskah Akademik Perpajakan di UMI

You might also like

FKM Miliki Gedung Baru

UMI Makassar – Pada momentum hari ini yang bersamaan dengan tahun baru Islam 1437 H, Ketua yayasan UMI meresmikan gedung baru Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI Makassar. Gedung FKM ini

Hari Ini, Pameran Pendidikan UMI Dibuka

UMI Makassar – Untuk menarik minat calon mahasiswa baru, Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Pameran Pendidikan di Auditorium Al Jibra mulai Kamis (21/5/2015) hingga Minggu (24/5/2015). Kegiatan yang telah rutin

Sivitas Akademika UMI Ikuti Sosialisasi Pajak Amnesti

UMI Makassar – Kantor Pelayanan Pajak Madya Makassar mensosialisasikan Amnesti Pajak kepada sivitas Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Auditorium Al Jibra Kampus 2 UMI, Jl Urip Sumoharjo Makassar, Senin (29/8).