Makassar, umi.ac.id – Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali mencatatkan namanya sebagai kampus swasta terkemuka dan terbaik di Indonesia Timur. Untuk kesekian kalinya, UMI berhasil menunjukan kualitas dalam berbagai indikator.

Terbaru adalah rilis perguruan tinggi teratas versi Webomentrics, Senin (3/8/2020). Peringkat perguruan tinggi berbasis layanan website, menempatkan PTS berakreditasi institusi A pertama di luar Pulau Jawa ini sebagai PTS ranking teratas di Indonesia Timur.

Webometrics sendiri mencatat ada empat indikator utama dalam penilaian berbasis website. Keempat indikator itu adalah Presence Rank, Impact Rank, Openess Rank, dan Excellence Rank.

UMI meraih skor 4374 untuk Presence Rank, 8776 Impact Rank, dan Openess Rank 5822, serta Excellence rank 5315. Atas angka tersebut, UMI berada di posisi 108 se-Indonesia (termasuk didalamnya PTN).

Diketahui, Webometrics adalah produk inisiatif dari Lab Cybermetrics, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. CSIC adalah salah satu organisasi penelitian dasar pertama di Eropa.

Penelitian berbasis website ini banyak dijadikan rujukan oleh perguruan tinggi di dunia untuk melihat seberapa intens masyarakat mengakses website perguruan tinggi untuk kebutuhan layanan pendidikan tinggi.

(HUMAS)