Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar promosi dan pengukuhan Doktor bagi Pria Budi, SH.,MH. yang juga merupakan Wadir Pamobvit Polda Riau. Sidang di tengah penyebaran Covid-19 ini berlangsung virtual, Kamis, (03/07/2020). Sidang promosi Doktor ini dipimpin langsung Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si. Dengan demikian, Pria Budi resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum bidang Hukum Pidana.

Pria Budi sebelumnya dikenal sebagai Kapolres Parepare Polda Sulsel dan sekarang menjabat sebagai Wadir Pamobvit Polda Riau. Hal ini disampaikan oleh Promotor Prof. Dr. H. Sufirman Rahman, SH.,MH. di saat membacakan Curiculum Vitae Promovendus.

Selama melakukan penelitian, Pria Budi dibimbing oleh Promotor Prof. Dr. H. Sufirman Rahman,SH.,MH., Co-Promotor Prof. Dr. H. Said Sampara,SH.,MH. dan Dr. H. Abdul Agis, SH.,MH.

“Selamat atas gelar Doktor yang diraihnya, semoga ilmunya bermanfaat bagi kemajuan Kepolisian Republik Indonesia”, ungkap Prof. Basri Modding.

“Sebagai Anggota Kepolisian dan juga melekat almamater UMI sebagai alumni, visi UMI yaitu berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah harus tetap dijunjung tinggi”, sambung mantan Direktur PPs UMI 2 periode 2010-2018 ini.

Dalam disertasinya, Pria Budi mengambil judul disertasi “Hakikat Fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam Pemberantasan Tindak Pidana Narkotika (Studi Kasus di Dit. Resnarkoba Polda Sulawesi Selatan dan Jajarannya)”.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengetahui dan menganalisis hakikat serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas fungsi Kepolisian Negera Republik Indonesia dalam pemberantasan tindak pidana narkotika di Dit. Resnarkoba Polda Sulawesi Selatan dan jajarannya.

(HUMAS)