Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. H. Syahrul Mamma, SH, MH meraih gelar Doktor dalam bidang Hukum, lulus dengan yudisium sangat memuaskan setelah mempertahankan disertasi yang berjudul “Reformasi Birokrasi Penyidik Polri Dalam Mewujudkan Tata Kelola Penegakan Hukum yang Baik”, dihadapan tim penguji yang dipimpin Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, di Auditorium Al Jibra Kampus II UMI, Senin 18 November 2012.

Syahrul Mamma dihadapan tim penguji mengatakan bahwa secara umum reformasi birokrasi penyidikan Polri dalam mewujudkan tatakelola penegakan hukum yang baik sudah dilakukan, tetapi belum sepenuhnya berjalan dengan optimal, hal tersebut terjadi karena prinsip transparansi, akuntabilitas, penghormatan hak asasi manusia, profesionalisme, pelayanan publik, dan independensi penyidik yang belum optimal.

Ditambahkan pula bahwa Substansi hukum berupa aktualisasi dan sinkronisasi belum mendukung kearah reformasi birokrasi penyidikan karena berbagai aturan yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Begitupula masih adanya aturan yang tumpah tindih yang terkait penyidikan sehingga menimbulkan ketidakpastian hukum yang berimplikasi belum maskimalnya formasi birokrasi penyidikan Polri dalam mewujudkan tatakelola penegakan hukum yang baik.

Dihadapan tim penguji yang terdiri Prof. Dr. H. Hambali Thalib, SH, MH, Prof. Dr. H. M. Said Karim, SH, MH, Prof. Dr. Syamsuddin Pasamai, SH, MH, Prof, Dr. H. A. Muin Fahmal, SH, MH, Prof. Dr. H. Syahruddin Nawi, SH, MH, Prof. Dr.H. Didik Endro Porwoloksono, SH, MH, Prof. Dr. H. Ma’ruf Hafidz, SH, MH, Prof. Dr. H. Basri Modding, SE, MSi dan Dr. Hamza Baharuddin, SH, MH, lebih jauh Syahrul Mamma mengungkapkan bahwa dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) penyidik Polri baik dari segi kuantitas maupun kualitas yang belum maksimal akibatnya tunggakan perkara semakin meningkat. Di samping itu masih rendahnya kompetensi dan integritas    penyidik   dengan   adanya   oknum-oknum   penyidik yang telah menyalahgunakan wewenangnya dalam penyidikan, sehingga mempengaruhi pelaksanaan reformasi birokrasi penyidikan Polri.

Promosi Wakapolda Sulsel dihadiri Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Mudji Waluyo,SH.MM dan jajarannya, Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, beberapa bupati dan pejabat di daerah ini.

(Humas UMI)