UMI Makassar – Wakil Dekan 1 Fakultas Sastra UMI DRA.Rusdiah,M.Hum berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Efumisme sebagai Faktor Motivasi dalam Alih-Kode dan memperoleh nilai sangat memuaskan. Bertindak sebagai ketua sidang, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Prof.Dr.H.Burhanuddin Arafah, P.hD,  Ko-promotor Prof.Dr.Zainuddin Taha, dibimbing oleh Prof.Dr.Abdul Hakim Yassi, Dipl.Tefl, MA, Prof.Dr.H.Hamzah A.Machmoed, MA, Prof.Dr. Noer Jihad, Saleh, MA, Dr.Nasmilah Imran, Dipl.Tesol, Ph.D, Dr.Sukmawati, MA.

bu rus

Rusdiah dalam disertasinya memaparkan, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan formalitas situasi yang berkontribusi pada jenis-jenis efumisme, usia penutur, latar belakang pendidikan dan jenis-jenis efumisme yang ditemukan.

Dikatakan pula, selain tujuan diatas, penelitian ini juga bertujuan mengklasifikasikan jenis-jenis efumisme yang ditemukan dalam alih kode yang dituturkan oleh penutur. Hasil penelitian yang dipaparkan Rusdiah, mengatakan, efumisme atau penghalusan makna digunakan pada hakikatnya, semakin tinggi pendidikan dan pengetahuan seseorang maka sering sering ia menggunakan efumisme dalam tuturan dan komunikasinya sehari-hari.

Turut hadir dalam promosi doktor ibu Rusdiah, Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, MA, dekan Fakultas Sastra UMI Dra.HjMuli Umiaty Noer,M.Hum, dosen dan staff dalam lingkup UMI, serta kerabat.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!