Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar promosi dan pengukuhan Doktor bagi Rusli Baco Dg. Palabi yang juga Wakil Gubernur Sulawesi Tengah. Sidang di tengah penyebaran Covid-19 ini berlangsung virtual, Rabu, (24/06/2020). Sidang promosi Doktor ini dipimpin langsung Rektor UMI Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si. Dengan demikian, Rusli Baco Dg. Palabi resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Hukum bidang Hukum Tata Negara.

Rusli Baco Dg. Palabi ini merupakan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah periode 2019-sekarang. Hal ini disampaikan oleh Promotor Prof. Dr. H. Said Sampara, SH.,MH. di saat membacakan Curiculum Vitae Promovendus.
Selama melakukan penelitian, Rusli Baco Dg. Palabi dibimbing oleh Promotor Prof. Dr. H. Said Sampara,SH.,MH., Co-Promotor Prof. Dr. H. Laode Husen, SH.,MH. dan Dr. Nurul Qamar, SH.,MH.

“Selamat atas gelar Doktor yang diraihnya, semoga ilmunya bermanfaat bagi kemajuan indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Tengah”, ungkap Prof. Basri Modding.

“Sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan juga melekat almamater UMI sebagai alumni, visi UMI yaitu berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berakhlaqul karimah harus tetap dijunjung tinggi”, sambung mantan Direktur PPs UMI 2 periode 2010-2018 ini.

Dalam disertasinya, Rusli Baco Dg. Palabi mengambil judul disertasi “Hakikat Keterwakilan Daerah pada Dewan Perwakilan Daerah Menurut Sistem Ketatanegaraan di Indonesia”.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan, menganalisis dan menemukan esensi keterwakilan daerah menurut sistem ketatanegaraan di Indonesia, menjelaskan, menganalisis dan menemukan keberadaan anggota dewan perwakilan daerah sebagai wujud perpanjangan tangan daerah dapat menjadi wakil partai politik dan menjelaskan, menganalisis, dan menemukan proses pemilihan anggota DPD secara prespektif dapat mewujudkan nilai-nilai kedaulatan rakyat.

(HUMAS)