Gagasan pelaksanaan lailatul muhaasabah bagi pengurus lembaga mahasiswa dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dicetuskan oleh Wakil Rektor III UMI Prof.Dr.H.Achmad Gani, SE,M.Si pada pembukaan acara tersebut di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (18/10). Hadir Wakil Rektor V UMI Dr.H.M.Arfah Shiddiq,MA, para Wakil Dekan III dan Wakil Dekan IV, sejumlah Pengurus Lembaga Mahasiswa dan UKM se-UMI.

Menurut Wakil Rektor III UMI dalam sambutannya menyatakan bahwa program ini kedepannya akan dilakukan secara kontinyu dengan melibatkan peserta yang besar, bukan hanya bagi mahasiswa tetapi semua pimpinan fakultas, dan karyawan UMI.

“Kalau perlu mengundang orang dari luar UMI untuk sama-sama melakukan lailatul muhaasabah”, harapnya.

Dr.H.M. Arfah Shiddiq, MA dalam taushiyahnya menyatakan bahwa salah satu hal yang dilakukan oleh orang yang sukses dengan banyak merenung atau muhaasabah. Dikatakan pula, Nabi Muhammad Saw sendiri melakukan muhasabah didalam goa Hira dengan merenungi keadaan masyarakat Arab Jahiliyah pada saat itu.

Ustaz Arfah Shiddiq yang juga Wakil Rektor V UMI mengemukakan bahwa salah satu upaya untuk merenungi diri dengan berusaha meningkatkan kesabaran dan menghindari sifat marah.

“Inilah yang disebut oleh Allah SWT dengan nafsul mutmainnah (jiwa yang tenang) dalam Al-Qur’an,” ungkapnya.

Bahkan  muhasabah dilakukan pada saat melakukan tindakan dengan berusaha berhati-hati agar apa yang dilakukan sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur). Intinya agar semua yang dilakukan diniatkan untuk mencapai ridha Allah SWT. Itulah sebabnya semua kegiatan karena Allah SWT, maka akan bernilai ibadah disisi Allah SWT.

“Mari kita jadikan lailatul muhaasabah ini sebagai starting poin menuju kesuksesan. Selain itu, ini dijadikan momen untuk menjadi pemimpin masa depan”, ajaknya.

Bagaimana agar pengurus lembaga mahasiswa UMI bisa menjadi pemimpin yang mampu menjadi figur yang didambakan oleh mahasiswa dan pimpinan UMI.

Setelah taushiyah dilanjutkan zikir dan renungan dipimpin Ketua LPDKI UMI Dr.H.M.Ishaq Shamad,MA. Kemudian ditutup dengan shalat taubat dan shalat tasbih dipimpin Ketua Tahfiz LPDKI UMI Dr.H. Agus Salim,MA.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!