Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kembali melahirkan Doktor Ilmu Manajemen atas nama H. Burhan Abdurahman, SH.,MM yang berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengaruh Rekruitmen, Kompetensi, Motivasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Kantor Pemerintah Kota Ternate” bertempat di Gedung Pascasarjana UMI Jl. Urip Sumoharjo Makassar, Senin (03/02).

Burhan yang juga Walikota Ternate ini memaparkan dari hasil penelitiannya di depan dewan penguji bahwa kompetensi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja yang menunjukkan kompetensi pegawai perlu ditingkatkan, sehingga pegawai puas dengan pekerjaan yang ditekuni.

Dikatakan pula, budaya organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Kompetensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja. Motivasi memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai.

“Dengan demikian, instansi pemerintah sebagai organisasi non profit, dalam kenyataan penerapan manajemen belum dipraktekkan secara optimal, seperti yang terjadi pada Kantor Pemerintah Kota Ternate, terlihat penerapan manajemen sumber daya manusia belum memberikan penguatan pada organisasi. Saat ini telah diupayakan pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan kepuasan kerja dan kinerja pegawai,” paparnya.

Burhan juga menyarankan, perlu menerapkan sistem rekruitmen yang tepat pada kegiatan pendaftaran, seleksi, wawancara dan penempatan, sehingga pegawai yang diterima merasa puas dengan bidang kerja yang diberikan. Selain itu, terus meningkatkan kompetensi pegawai dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai perwujudan kepuasan pegawai atas pelaksanaan bidang kerja yang ditekuni.

“Dan juga berupaya untuk menyenangi pekerjaan, menyukai tantangan, mau berprestasi dan berkarya serta puas dengan promosi yang diberikan, agar kinerja kerja dalam organisasi mengalami peningkatan,” jelasnya.

Ujian Sidang Promosi dipimpin langsung Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar MA, dengan Promotor Prof. Dr. H. Salim Basalamah, Ko-Promotor Prof. Dr. H. Basri Modding, SE.,M.Si,  Prof. Dr. H. Abdul Rahman Mus, SE.,M.Si, sedangkan Dewan Penguji/Penilai Prof. Dr. H. Mursalim Umar Gani, SE.,M.Si, Prof. Dr. H. Baharuddin Semmaila, SE.,M.Si, Prof. Dr. H. Mahfudnurnajamuddin, SE.,MM, Dr. H. Muchtar Lamo, SE.,M.Si dan Prof. Dr. H. Veithzal Rivai, SE.,MM.,MBA (sebagai penguji Eksternal dari Universitas Trisakti Jakarta dan Guru Besar Ekonomi Islam),serta penguji lintas disiplin ilmu Prof. Dr. H. Sufirman Rahman, SH.,MH.

Acara dihadiri Wakil Walikota Ternate Ir. Arifin Djafar, MBA, Anggota DPR RI Ir. H. A. Rahman Halid, MM, para anggota DPRD Kota Ternate, Rektor IAIN Ternate Dr. Abdurahman Marasebesi, MA, Para SKPD dan keluarga turt menghadiri prosesi tersebut.

H. Burhan Abdurrahman dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat Memuaskan dan merupakan alumni Doktor Ilmu Manajemen UMI yang ke-81.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!