Wakil Presiden RI, Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin menyampaikan siap hadir pada peringatan Milad UMI ke 66 pada tanggal 23 Juni 2020 di Kampus UMI Makassar, hal ini disampaikan saat menerima silaturrahmi Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI), Prof. Dr. H. Basri Modding, SE., MSi, bersama Ketua Pembina YW UMI Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, SE., Msi, Ketua Pengurus YW UMI Dr. (HC). H.M. Mokhtar Noer Jaya, SE., MSi, Wakil Ketua Bid. Pendidikan YW UMI, Prof. Dr. Hj Masrurah Mokhtar, MA., WR I Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT., WR V Prof. Dr. Ir. H. Hattah Fattah, MS dan Kepala Humas UMI Dr. Hj. Nurjannah Abna, M.Pd., di Istana Wapres RI Jalan Medan Merdeka Jakarta (9/1)

” Terimakasih undangan UMI untuk menghadiri Milad ke 66 dan kehormatan buat saya atas penganugrahan Doktor Honoris Causa oleh UMI Bidang Manajemen Syariah”, ujar Wapres RI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin MA.

Lanjut dikatakan oleh Wapres, kita bangga dengan perkembangan dan kemajuan UMI yang sekaligus merepsentasikan kemajuan pendidikan tinggi Islam. Kemajuan UMI perlu diapresiasi sebagai PTS pertama di luar Jawa yang memperoleh Akreditasi Institusi A. UMI yang didirikan oleh para alim-ulamah, para raja, tokoh masyarakat, dan pemda yang dikelola dengan pendekatan wakaf seyogianya menjadi pioner dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui manajemen syariah.

Selanjutnya Wapres menjelaskan kontribusi infaq, sadakah, dan wakaf baru dapat mengentaskan kemiskinan hingga sekitar 50 persen. Indonesia sangat potensial menjadi sentra produsen produk halal internasional.

Dalam dunia Pendidikan terdapat dua hal yang perlu mendapat perhatian yang saling sinergi yaitu kompetensi dan komitmen kebangsaan yang harus tercapai bersamaan.

Beliau juga dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu tugas saya selaku Wapres RI adalah mengembangkan ekonomi syariah.

Sementara itu, Rektor UMI menyampaikan bahwa Silaturrahmi Pimpinan UMI dengan Wapres RI adalah meminta kesediaan beliau untuk hadir pada Haul Pendiri UMI pada tanggal 22 Juni 2020 pukul 19.30 dan esoknya tanggal 23 Juni 2020 membawakan orasi ilmiah dan penganugrahan Doktor Honoris Causa konsentrasi Manajemen Syariah sesuai bidang Bapak Wapres RI dan juga membuka Saresahan Nasional Optimalisasi Potensi Wakaf dalam Pertumbuhan Ekonomi Inklusi, ujarnya

Selain itu menyampaikan bahwa UMI memiliki program unggulan program Pendidikan Karakter yang telah diimplementasikab sejak 20 tahun lalu, mahasiswa UMI wajib mengikuti program pesantren kilat tiga hari dan nantinya mengikuti program pencerahan qalbu di Pesantren Mahasiswa UMI Darul Mukhlisin Padanglampe selama tiga puluh hari, ujar Guru Besar Fak. Ekonomi dan Bisnis UMI ini. Pada kesempatan tersebut, Rektor UMI menyerahkan buku tentang Model Pendidikan Karakter kepada Wapres yang diharapkan dapat dijadikan acuan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dalam pengembangan karakkter di kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

(HUMAS)