Yuli Andra, itulah nama lengkap mahasiswa semester 2 Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI). Bertubuh agak kecil, namun semengat tarungnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Yuli, sapaan akrabnya. Putri berdarah Sidrap ini tampaknya memiliki mental juara meski baru semester awal menjalani proses akademik. Ia terlihat sangat istiqomah pada apa yang ingin dicapainya.
Tahun 2019, Yuli berhasil mewakili almamater tercintanya Universitas Muslim Indonesia di ajang Olimoiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kampus II UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar. Kegiatan itu berlangsung Sabtu 27 April hingga Minggu 28 April 2019.
Kegiatan yang dipusatkan di Fakultas Kedokteran ini, Yuli mengikuti lomba di bidang Biologi. Untuk bisa ke tahapan nasional di ajang se-kelas ON MIPA 2019 Kali ini, Yuli mengakui bukanlah hal yang mudah. Ada ratusan bahkan ribuan mahasiswa di Sulawesi yang ingin bernasib baik seperti Yuli.
“Perkenalkan nama saya Yuli Andra, saya berasal dari Fakultas Kedokteran angakatn 2018 jadi sekarang saya masih semester 2, Alhamdulillah saya tidak menyangka Allah memberikan kesempatan yang di semester 2 ini sudah bisa mewakili bukan hanya fakultas saya sendiri tapi juga nama baik UMI bertanding di pertandingan yang amat luar biasa ini yaitu ajang ON MIPA Perguruan Tinggi, khususnya di ajang di bidang biologi,” ungkap Yuli saat ditemui di Fakultas Kedokteran UMI, Minggu (28/4/2019).
Saat proses seleksi, Yuli menyebutkan, dirinya telah optimis mampu lolos seleksi di tingkat LLDikti Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo. Dengan optimismenya itu kemudian Yuli hadir sebagai calon jawara. Kini dalam even ON MIPA 2019 di UMI, Yuli bersaing dengan 63 peserta yang mengikuti lomba khusus di bidang Biologi dari 80 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia.
“Tidak terasa, kemarin. Tidak terasa baru saja saya mengalami seleksi mulai itu dari tingkat universitas 2 kali seleksi universitas lalu lolos di tingkat wilayah 9 dan saya benar-benar tidak menyangka bahwa dari Wilayah 9 ini 3 orang terpilih dari wilayah sembilan, saya temasuk salah satunya jadi saya sangat bangga bisa membawa nama baik universitas muslim indonesia memakai almamater hijau ini untuk bersaing bersama 63 org hebat lainnya di Biologi,” papar Yuli.
Demi membanggakan Almamaternya, Yuli menyebutkan, dirinya sudah berusaha dan menyiapkan segala yang terbaik agar performanya maksimal saat mengikuti lomba ON MIPA 2019.
“Insya allah saya pegang yang penting saya sudah usaha saya berdoa dan kepada allah swt. Persiapannya itu dimulai sebelum seleksi di wilayah 9 jadi seleksinya itu sempat intensif dipimpin full 3 hari dan alhamdulillah bimbingan,” tukas Yuli.
“Dari saya pribadi selalu ada persiapan sendiri karena bagi saya ini bukan kompetisi yang biasa, karena tidak biasa makanya harus dipersiapkan dengan baik,” tutup Yuli.

(HUMAS)