UMI Makassar – Zikir dan dialog akhir tahun 2013 berlangsung di masjid Umar Bin Khattab kampus 2 UMI (30/12).

Hadir Ketua LPDKI UMI Dr.M.Ishaq Samad, MA sekaligus pemimpin zikir dan narasumber dialog tersebut bersama Dr. Yusri Azhar. Hadir pula sejumlah mahasiswa Forum Student Ambassador (FOSA), forum mahasiswa binaan, dan Himpunan Mahasiswa Dakwah Fakultas Agama Islam UMI.

Kegiatan ini dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Dakwah Fakultas Agama Islam bekerjasama dengan FOSA LPDKI UMI.

Dr. Yusri membahas “Mengantisipasi Dampak Globalisasi di Kalangan Remaja dan Mahasiswa”. Sementara Dr. M.Ishaq Shamad membahas “Introspeksi Diri Menghadapi Persaingan Global”. Dialog dipandu oleh Waode Irnawati.

Dr. Yusri menyatakan manusia sekarang banyak dipengaruhi oleh globalisasi dengan pemikiran dan faham-faham Barat, terutama terkait dengan materialisme, hedonisme, dan sebagainya. Dikatakan pula mengantisipasi arus negatif globalisasi dengan memperbanyak ilmu pengetahuan dengan ciri-ciri meyakini dan mengakui kebenaran ilmu, dan ilmu itu pasti adanya, bukan khayalan.

Islam sangat mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Islam menganjurkan untuk tidak merusak diri sendiri dan orang lain, dicontohkan jika merokok pasti akan merusak diri sendiri dan merusak orang lain (perokok pasif), demikian pula mahasiswa yang demo kemudian menutup jalan, pasti merugikan banyak orang.

“Olehnya itu, hentikan kegiatan mahasiswa yang banyak mengganggu orang lain,” pintanya.

Sementara itu Dr.M.Ishaq Samad menyatakan introspeksi diri dilakukan terhadap tujuan hidup manusia, melihat kekurangan dan kelebihan diri. Selanjutnya bertanya pada diri sendiri apakah selama ini sudah tercapai apa yang diinginkan, harapan-harapan, tindakan, sikap dan pikiran masing-masing. Dikatakan pula introspeksi diri dilakukan dengan tidak menyalahkan orang lain, jika berbuat salah hendaknya melakukan recovery menuju pribadi yang lebih baik. Selanjutnya sarana introspeksi diri yakni tidak menutup diri dari saran orang lain, bersahabat dengan orang shalih, suka muhasabah dan bangun kekuatan diri.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!