Sivitas akademika Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan keluarga almarhun Prof. Dr. H. Abdurahman A. Basalamah akan menggelar Zikir dan Haul ke-8 almarhum Prof. Dr. H. A. Basalamah, dirangkaikan dengan launching perubahan nama jalan Racing Centre menjadi jalan Prof. Abdurahman A. Basalamah. Demikian disampaikan ketua panitia Prof. Dr. H. M. Nasir Hamzah disela-sela rapat panitia di rumah kediaman almarhum Prof. Dr Abrurahman A. Basalamah di Komp. Perumahan UMI Racing Centre, Kamis malam 22/3/2012.

M. Nasir Hamzah  menambahkan, “Zikir dan haul akan dilaksanakan di Mesjid Sultan Alauddin Komp. Perumahan Dosen dan Karyawan UMI, Ahad, 25 Maret 2012, yang diawali dengan shalat magrib bersama, dilanjutkan dengan zikir sampai shalat isya. Usai shalat isya masuk acara inti yaitu haul alm. Prof. Dr. H. Abdurahman A. Basalamah dengan susunan acara pengantar kata dari keluarga almarhum, pembacaan riwayat singkat, sambutan Rektor UMI, Ketua Yayasan Wakaf  UMI dan Walikota Makassar sekaligus launching perubahan nama jalan Racing Centre menjadi jalan Prof. Abdurahman A, Basalamah,” jelas mantan Rektor UMI ini.

Perubahan  nama  jalan Racing Centre menjadi jalan Prof. Abdurrahman Basalamah merupakan usul dari sivitas akademika UMI kepada Pemda Kota Makassar, sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum, karena beliau merupakan salah satu tokoh cendekiawan Muslim, tokoh pendidik di Sulsel dan perintis pembukaan kawasan perumahan di Racing Centre, dan beliau bermukim di kompleks tersebut. Untuk mengenang jasa-jasa almarhum  karena pada saat beliau menjadi Rektor UMI beliau merupakan perintis dan membuka kawasan Racing Centre menjadi lokasi pembangunan Kompleks Perumahan UMI, dimana daerah itu merupakan kawasan rawa yang ditumbuhi pohon nipa. Dengan adanya Komp. Perumahan UMI maka akses jalan antara Jl. Urip Sumoharjo dengan Jl. Abdullah Dg. Sirua terbuka, dan sebahagian tanah lokasi perumahan diperuntukkan menjadi jalan umum yang membelah Kompleks Perumahan UMI yang dikenal Jl. Racing Centre.

Bagi warga masyarakat yang ingin ikut mendoakan almarhum, dapat hadir di acara zikir dan haul bersama para kolega, keluarga dan sivitas akademika UMI yang bertempat di Mesjid Sultan Alauddin Komp. Perumahan UMI Racing Centre pada Ahad malam 25/3/2012.

Menurut Ketua Yayasan Wakaf UMI H. M. Mokhtar Noer Jaya yang turut hadir pada rapat panitia menambahkan, “Almarhum Prof. Dr. H. Abdurahman A. Basalamah tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjalanan UMI, karena semasa beliau menjadi Rektor UMI dan Ketua Yayasan Wakaf UMI, banyak ide-ide dan gagasan yang monumental yang dilahirkan oleh beliau, membawa UMI menjadi perguruan tinggi swasta terkemuka saat ini,” ungkapnya.

(Humas UMI)

error: Content is protected !!