Zikir dan Muhasabah Awal Tahun 2020 Sivitas Akademika UMI berlangsung di Masjid Umar Bin Khattab Kampus 2 UMI (2/1/2020). Hadir Ketua Pembina YW UMI Prof.Dr.KH.Mansyur Ramly, para pengurus YW UMI, Rektor UMI Prof.Dr.H.Basri Modding, para Wakil Rektor UMI, pimpinan fakultas, direktur ABA, dosen, karyawan, dan mahasiswa UMI. Acara ini dipandu Ketua UPT. Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI Dr.HM.Ishaq Shamad,M.A. Pemimpin Zikir Dr.KH.M.Zein Irwanto,M.A dan Imam Dr.H.Syamsul Bahri,M.A.

Wakil Rektor IV UMI Dr.KH.M.Zein Irwanto,M.A sebelum memimpin zikir menyatakan semoga tahun 2020 menjadikan UMI semakin sukses, mengampuni dosa dan kesalahan sivitas akademika UMI yang lalu, memberikan tempat terbaik disisi Allah Swt kepada para pendahulu UMI.

Selain itu, diharapkan Allah memberikan hidayah dan magfirahNya. Jika diantara kami ada yang diwafatkan, ajarkan kepada kami untuk bertauhid kepada Allah dengan kalimat laa ilaaha illallah.

“Ajari kami untuk menjaga kesucian diri, dengan karakter ikhlash, dan berjiwa besar dan tawadu kepadaMu ya Allah”, harapnya.

Seluruh kehebatan adalah pinjaman dariMu, arahkan kami mengarah kepada rahman dan rahimMu. Ilmu dan sehat adalah milikMu ya Allah. Jadikan semua washilah menuju ridhaMu. Ajari kepada kami, sibuk menyebut namaMu ya Allah, harapnya.

Sementara itu, Prof. Dr.KH. Mansyur Ramly yang memberi taushiyah menyatakan banyak bencana, khususnya banjir di Jakarta. Cobaan itu sebagai suatu prasyarat untuk meraih kebahagiaan dan syurgaNya Allah. Bahkan cobaan itu, pernah juga dialami umat sebelumnya.

Apa resepnya menghadapi cobaan tersebut? Dengan berzikir dan bertaqwakkal dan bacalah laa hawla walaa quwwata illaa billah (tidak ada kekuatan kecuali atas ijin Allah). Kekuatan inilah yang bisa membawa umat ke arah yang lebih.Dengan zikir awal bulan ini, insyaa Allah UMI akan semakin sukses, bukan hanya termasyhur, tetapi memiliki daya saing di dunia global, kuncinya.

(HUMAS)